Lembar-lembar Terakhir (part 5)

29 Agustus 2013
Hari itu aku ikutan acara perkenalan tim mading 3D. Tim mading 3D itu memang tim bongkar pasang. Bisa dibilang, terbentuknya itu atas dasar langsung ‘comot’dan kita action kalau pas ada lomba aja. Saat itu aku diajak sama Mas Fadhil. Atas dasar apa ya? I don’t know. Mungkin karena aku udah pernah juara mading 3D waktu MTs dulu. Kalau nggak gitu ya rekomendasi dari rekan-rekan :D what everlah.
Acara makan-makan siang itu berlangsung di rumahnya Mbak Atika. Pas lagi enak-enak ngobrol, tiba-tiba Mas Agung (oglek) bilang, “Bi, tak was-wasno samean kok koyok budeku seh…” Jederrr!! Mungkin emang secara busana bisa dibilang aku tipikal yang feminism cenderung ke-ibu-ibuan gitu deh. Gatau kenapa ya ibuku kalau beliin aku baju selalu yang syar’i banget. Aku boleh pakai kaos aja masih baru dua tahun belakangan. Mungkin juga emang postur tubuhku dulu masih kayak ibu-ibu *gendutt* gitulah. Sekarang udah agak mengecil ini :D :D kalau dari face emang wajahku boros, out of the age “lebih kelihatan tua dari umur” disyukuri ajalah :D :D
waktu masih zaman jahiliyah dulu..bareng 12menit generasi I

Then, sejak kejadian itu semua anggota mading 3D manggil aku dengan sebutan ‘bude’ awalnya agak ilfil juga lah. Masih kecil panggilannya bude. Tapi, lama kelamaan jadi biasa. Tapi, panggilan itu melejit dan jadi populer sejak aku naik kelas XI.
Anggota mading 3D mengalami regulasi. Diangkatlah anggota-anggota baru yang masih unyu-unyu waktu itu, (red : shyda, dhyla, ghofur) dan yang ngajarin manggil bude itu para sesepuhnya (red: Nana, Bubi, Alvy, Yukha, Khofik *yang akhirnya dipanggil pakde*). Pokoknya sejak itu dimanapun ketemunya manggil aku ‘bude’ jarang banget kayaknya manggil aku ‘Mbak Bi’ Nana yang biasanya teguh pendirian manggil aku ‘Bibi’ aja ikutan manggil ‘Bude’ *sekilas info aja, Nana ini biar pun dulu di MTs aku punya panggilan khusus “Minnie” tapi dia tetep manggil aku ‘Bibi’*
kebersamaan #12menitfamily kalau ada acara buber ngajak kita" lagi ya nanti :D
Lebih nggak tahu lagi dari mana mulanya tiba-tiba beberapa guru iseng ikutan manggil ‘bude’ juga. Sebut saja Pak San dan adiknya, Pak Agung. Pak Ady kadang juga iseng ikutan. Hingga merembet ke anak-anak kelas, anak jurnalis, anak OSIS juga. Anak dewan ambalan. Pokoknya populer deh. Bude paling nge-hits dan fenomenal di MANDAGI. haha :D Nggak masalah sih sebenernya. Toh, panggilan itu jadi doa juga akhirnya. What? Doa apaan, Bi?
Iyalah, doa biar aku punya pemikiran yang dewasa. Di tim mading yang sekarang kita sebut #12menitfamily udah berasa keluarga sendiri. Meski jarang banget ngumpul bareng tapi komunikasi kita tetep nyambung. Kadang, teman-teman juga sering curhat pribadi gitu ke aku. Ada yang sukanya curhat masalah cowok, ada juga yang biasanya nangis-nangis sambil ceritain masalah organisasinya. Ada juga yang suka bilang “Aduh, Bude. Aku bingung kudu yokpo iki. *yang ngerasa ya* pokoknya aku merasa kita jadi tambah akrab dengan mereka memanggilku bude. Kadang kalau tiba-tiba manggil ‘Bibi’ gitu kayak teredengar aneh dan ada sesuatu yang tidak beres. Haha :D yang bikin terharu itu kalau udah lama nggak ketemu *3 hari* katakanlah pas ketemu langsung minta pelluk sambil teriak “Budeee!!” itu rasanya kayak ketemu saudara sendiri. Senengnya luar biasa. Maklumlah, aku kan anak tunggal pemirsa, nggak punya saudara kandung. L L L
Ketika aku ulang tahun :D :D :D
#12menitfamily pernah berusaha ngerjain aku pas ultahku yang ke -17 lho. Jadi, mereka udah bikin skenario yang diawali dengan pura-pura minjem laptop, nggak dikembalikan, niatnya biar aku pusing muter-muter nyari. Apa yang terjadi? Aku nggak mau nyari laptopku. Jelaslah aku nggak mau. Dan nggak ada yang bisa maksa. Kan aku JUDES, jadi pasti mikir-mikir dulu lah. Hahah :D *tawajahat* akhirnya mereka give up. Saat aku rapat DA di mushalla, mereka datang sambil bawa kue yang terbuat dari biscuit yang disusun cantik gitu. Aduhh, terharu :D

Keluarga baruku di MAN bukan hanya anak-anak mading sih. Ada yang lain kayak Em. Eh iya, aku mau cerita sedikit tentang kita ya. :D jadi, waktu MTs, aku, Nana, dan Em itu satu organisasi. Baik di OSIS, pramuka, jurnalistik, 3G, dan dewan piket *banyak banget, Bi yang diikuti* abaikan! Jadi pasti sering bareng-bareng gitu. Kebetulah juga yang ke MANDAGI hanya kita bertiga. Pas lagi ngumpul bareng gitu, kita sama temen-temen sering bilang gini “Wah, nanti di MAN Cak Em yang jadi ketua pramuka, Nana ketua OSIS, Bibi ketua jurnalistiknya.”sekali lagi, itu untuk menghibur hati kita pemirsa. (seperti ceritaku di part 3)
Itu yang namanya Em :D M. Syaifullah 
Walhasil, saat di MAN hal itu benar-benar qobul. Em jadi pradana, aku jadi pimred. Nana sebenarnya sudah akan jadi ketua OSIS, berhubung dia udah jadi ketua Laskar Anak. Nggak jadi dicalonkan deh. Tapi, di kelas X dia sudah jadi wakil ketua OSIS lho. Nggak nyangka ya, sebuah guyonan bisa jadi kenyataan. Hati-hati ya kalau guyon :D 
Di MAN, semua orang bisa jadi saudara. Bahkan ibu-ibu kantin sekalipun. Entah bagaimana awalnya aku bisa tiba-tiba akrab sama mereka. Padahal waktu kelas X aku nggak pernah jajan di kantin. Kelas sebelas masih jarang-jarang. Tapi, begitu udah kelas XII mendadak bisa akrab. Mungkin karena emang pas di kantin sering ada yang say hello ke aku kali ya, makanya orang kantin pada kenal. Security malam aja juga kenal sama aku, hafal juga sama sepedaku. Meski mungkin mereka nggak tahu namaku. Ini dikarenakan aku sering pulang sampai sore. Bahkan malam kalau habis dari percetakan *udah baca ceritanya di part 3 kan?* ya maklumlah, aku kan terkenal. Waks :D :D :D *pedebanget sih, Bi*
Meski aku bukan anak OSIS, tapi, entah kenapa aku juga bisa akrab sama mereke-mereka. Bahkan dulu sering ada yang nanya “Kamu anak OSIS kan?” bagiku menjalin relasi dengan banyak komponen di MAN itu menguntungkan. Karena akhirnya aku bisa dengan mudah dapat berita, kalau pun harus wawancara bisa langsung nyaman, nggak usah pakai acara memperkenlakan diri, membangun kekaraba seperti di buku-buku panduan gitu.
Me and friends ini judulnya :D :D
Keluarga baru yang sudah tentu akan selalu aku kenang adalah guru-guruku. Jika kelas X aku hanya akrab dengan beberapa guru, seperti Pak Hend, Pak Ady, Bu Fifi, maka kelas XI guru-guru yang pernah ngajar di kelas XH mendadak akrab denganku. Sebut saja Bu Mut, Bu Endang, Pak Sugeng, dan beberapa guru lain. Bahkan yang nggak pernah ngajar aku bisa tahu namaku dan tiba-tiba akrab, seperti Bu Win, Pak Atho’,  pak Agung Sri, kalau ini mungkin karena aku sering banget nongol di ruang guru ya, :D *untuk urusan LKTI dan jurnalis sama Pak Hend*  guru-guruku di kelas XI, tentu hafal banget sama namaku. Murid tercerewet di kelas Bahasa. :D
Keakraban itu semakin terasa saat kelas XII. Pas ada acara maaf-maafan sebelum UN dulu, aku ngerasa bener-bener punya keluarga besar di MAN. Mendapat pelukan dari para Ibu Guru *soalnya yang Bapak Guru nggak boleh meluk* :D dengan tetesan air mata mereka, ciuman mereka, dan doa mereka rasanya menyentuh banget. Apalagi saat ada yang bilang “Semoga sukses selalu ya, bisa membahagiakan orang tua, semoga bisa terus berkarya, terus menulis ya,” itu menyayat banget. Aku merasa disayang banyak orang. J J 
Satu lagi momen yang mengharukan banget buatku adalah ketika selesai UN MTK, aku ketemu Bu Yatik. Saat itu beliau langsung meluk aku sambil bilang, “Ya Allah Anakku!..” kelihatan banget kalau beliau khawatir. Aku dipeluknya erat sambil berkaca-kaca gitu. Begitu aku bilang, “Saya bisa ngerjakan kok, Bu. Tenang saja.” Raut wajahnya langsung berubah bahagia. Meski aku belum menjadi seornag guru dan orangtua, tapi, aku paham betul pasti ada rasa kekhawatiran dalam hati mereka ketika anaknya sedang ujian. Makanya, setiap pulang UN aku selalu ngasih kabar ke guru mapel UN hari itu. Yah, meski pada akhirnya biarpun aku berkata “Alhamdulillah saya bisa mengerjakan soal dengan baik” tapi hasilnya hanya segitu, *jelek maksudnya* setidaknya aku bisa membuat guruku lega.
Sama Pak Agung :D 
Banyak momen kekeluargaan yang tak bisa ku ceritakan semua di sini. Yang belum tentu aku dapatkan di tempat lain. Seperti gombalannya Pak Agung, pelukannya Bu Muyas, Senyum manisnya Pak Ady, curhatan galaunya Pak Fahlul :D, Kalimat “You look beautiful today”nya Bu Dyah :D *Bibi setiap hari memang selalu cantik :D *, pukulannya Pak mahfudz setiap aku ke perpus, panggilan “Bi-Qola” nya Pak Wahyudi, stand-up comedy-nya Pak San saat pelajaran sejarah, panggilan “Hay Choy!”nya Pak Rohim *entah kenapa Pak Rohim selalu salah manggil namaku. Padahal aku dan choy beda jauh*, juga kalimat “Hm, kayak pernah ketemu ya? Dimana ya?” yang selalu diucapkan Pak Hend saat ketemu. *padahal kan bisa langsung bilang “Lama ya, Bi nggak ketemu.” :D *


Tempat nongkrong kalau hari Jumat sepulang sekolah :D

Juga momen kekeluargaan bareng adek-adek kelas. Momen setiap Jumat sepulang sekolah, seperti nongkrong di mushalla saat hari jumat, makan bareng, nyuapin si kembar, ngerecokin Jatul sama Rila kalau lagi makan, tidur bareng Yukha di ruang jurnalis *keseringan ketiduran sampai orang pulang RJ, padahal niatnya tidur sebentar :D *
Kok jadi kemana-mana ya ceritanya? Hehe :D yang pasti, rasa solidaritas civitas akademika MANDAGI bener-bener aku rasakan sampai hari ini. Mungkin bakal berat meninggalkan semuanya. Setelah nanti aku diwisudah, awal-awal juga pasti bakal kangen sambang ke MAN. Terlebih selama ini aku juga demen banget pulang sore. Entah kenapa aneh aja kalau pulang di jam normal kayak temen-temen. *Emang dasar orangnya abnormal kali ya* :D  pas libur UN aja kayak nggak betah di rumah. Iyalah, aku di rumah nggak ada temennya. Tetanggaku gaada yang sepantaran sama aku. Hang out juga pasti nggak boleh sama ibuk, mau keluar sama pacar, nggak punya pacar *Melas banget sih, Bi.* mau keluar sama saudara sepupu, adanya sepupu tedekat ya Arif (XII Agama 1) itu. Tapi, keluar sama dia kayaknya percuma deh. Arif pendiam, nggak suka jalan-jalan. Paling pol kalau udah bosen ya lari ke pondok sebelah. Itu pun kalau siang mereka ya tidur. Ternyata jadi anak tunggal nggak enak juga ya. *Haha :D curhat dikit*


Sampai sini aja ya ceritanya, kasih sayangku pada keluargaku di MAN tak bisa diungkapkan pakai kata-kata deh, sebanyak buih di samudera. Haha :D the last episode nanti, aku bakal cerita tentang kelulusan dan hari wisudahku. Itu ending dari perjalananku di Aliyah. Wah, kayak apa ya endingnya nanti? Sad ending atau happy ending? Aku juga belum tahu pemirsa. :D Selamat menunggu. Thank you for reading J J J  

Comments

Popular posts from this blog

Resensi Novel “Hujan” Karangan Tere Liye

Perjuangan Tanpa Batas Sang Jenderal (Review Film Jenderal Soedirman)

Kirab Haul Mbah Sogol: Momentum Memutar Ulang Sejarah